Assalamualaikum Wr. Wb.

Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan ini saya akan posting tentang aplikasi berbasis excel yaitu aplikasi nilai ijazah dan SKHU SD. Aplikasi ini semoga bisa membantu Bapak Ibu Guru / TU / Tenaga Administrasi / Sahabat Operator Sekolah dalam mengolah nilai ijazah dan untuk mencetak surat keterangan hasil ujian (SKHU) yang biasa digunakan untuk mendaftar di SMP. Sebelum sampai ke detail aplikasi, saya sharing juga peraturan tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional tahun 2017, yaitu sebagai berikut.

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2017 tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian.
  2. Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 018/H/Ep/2017 Tentang Bentuk, Spesifikasi, Pencetakan/Penggandaan, Pendistribusian, Dan Pengisian Blangko Ijazah Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017.
  3. Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 019/H/Ep/2017 Tentang Bentuk, Spesifikasi, Pencetakan/Penggandaan, Dan Pendistribusian Blangko Sertifikat Hasil Ujian Nasional Pada Satuan Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Rekan semua bisa mendownload permen dan peraturan kepala balitbang tersebut\melaui laman. https://un.kemdikbud.go.id/ijazah-shun/. Pada lampiran peraturan tersebut juga sudah ada petunjuk penulisan ijazah tahun 2017.

Aplikasi Nilai Ijazah dan cetak SKHU SD 2017
tampilan menu aplikasi ijazah skhu

Setelah sedikit membaca dokumen tersebut dapat diperoleh informasi untuk SD hanya ada Dokumen Ijazah, sedangkan (Sertifikat Hasil Ujian Nasional) SHUN hanya untuk satuan pendidikan Dasar Dan Menengah yang melaksanakan Ujian Nasional UN. Untuk itu SD tidak ada dokumen SHUN. #CMIIW. Namun untuk keperluan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP perlu membuat Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU). Pada tahun 2016 Dinas Provinsi Jawa Tengah Menerbitkan format SKHU. Untuk itu aplikasi yang kami susun akan disesuaian dengan format tersebut. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya. (baca Aplikasi SKHU SD 2016).

Tentang Aplikasi Nilai Ijazah dan Cetak SKHU SD 2017

  1. Format Excel Macro disusun menggunakan Excel 2007, bisa dibuka di excel versi lebih baru;
  2. Sederhana, Warna Adem, User Friendly;
  3. Suport Pelaksana Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013;
  4. Suport Nilai Ujian Praktik;
  5. Pembulatan menggunakan rumus Round;
  6. Cetak Pengumuman Kelulusan;
  7. Cetak Amplop Pengumuman Kelulusan;
  8. Cetak Rekap Nilai Ijazah;
  9. Cetak Nilai Ijazah Masing-Masing Siswa;
  10. Cetak Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU)
  11. Dilengkapi fitur macro autosave, dan print. (macro harus di enable)
  12. Mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan

TAMPILAN APLIKASI NILAI IJAZAH DAN SKHU SD TAHUN 2017

1. Sheet Menu Aplikasi

Sheet ini merupakan lembar untuk mengisi data sekolah, pengaturan digit nilai, dan tombol hyperlink ke sheet lainnya, tampilan seperti gambar di atas.

2. Sheet Entry Nilai

Entry nilai dibuat per tabel, raport semester 7,8,9,10,11,12 untuk kurikulum 2006 KTSP dan raport semester 11,12 untuk Kurikulum 2013. Tabel dilengkapi warna conditional formating agar entry lebih nyaman. Entry nilai ujian dibuat satu tabel dengan nilai ujian praktik. Pada juknis tahun 2017 sudah jelas bahwa nilai praktik digunakan.
nilai semester raport kuriulum 2006 2013 untuk ijazah
tabel nilai ujian tertulis dan praktik

4. Sheet Cetak Rekap Nilai Ijazah

Sheet rekap nilai ijazah, tinggal memilih kurikum 2006 atau kurikulum 2013.
rekap nilai ijazah 2017 kurtilas dan ktsp
tabel rekap nilai ijazah kurtilas

5. Sheet Cetak SKHU

Saat versi 2017.4 ini diposting, aplikasi ini menggunakan format SKHU 2016 Jateng.
cetak skhu format jateng 2016
format skhu sd jateng 2016

6. Cetak Pengumuman Kelulusan

Surat keterangan ini dibuat saat acara pengumuman kelulusan, berisi nilai 3 mapel utama. (Format bisa berbeda tiap sekolah / daerah )
aplikasi cetak untuk pengumuman kelulusan
surat pengumuman kelulusan

7. Cetak Amplop Pegumuman Kelulusan

Amplop ini untuk surat keterangan saat pegumuman kelulusan, biasanya saat pegumuman dibuat acara agar pengumuman kelulusan ini dibuka secara bersamaan. Untuk itu bisa menggunakan amlop yang bisa tercetak masing-masing nama siswa.
aplikasi amplop penguguman kelulusan
amplop penguman kelulusan

DOWNLOAD APLIKASI NILAI IJAZAH DAN SKHU SD 2017

Bagi yang ingin menggunakan atau melihat-lihat aplikasi bisa mendownloadnya melalui link dibawah ini. Kami posting lebih awal agar bisa dimodifikasi sesuai keperluan.
Via Google Site:
UNDUH SKHU_IJAZAH_SD_2017_04.rar
UNDUH SKHU_IJAZAH_SD_2017_04_19.rar 
Sedang dalam perbaikan rata/rata Nilai Bahasa Inggris KTSP.
Dikarenakan Mulok Bahasa Inggris  Semester 7 Aatau kelas 4 semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 menggunakan Kurikulum 2013 maka tidak ada Nilai Mulok Bahasa Inggris. 
Aplikasi sebelumnya menggunakan rumus Jumlah Nilai dibagi 6, harusnya di bagi 5.
Bagi yang sebelumnya sudah mendownload dapat mengedit sendiri rumus pada aplikasinya.

UNDUH SKHU_IJAZAH_SD_2017_6_6_REV (mulok B Inggris menggunakan rumus average)

MASIH ADA KESLAHAN UNTUK KURIKULUM 2013, SEHARUSNYA SESUAI JUKNIS TERBARU SEHARUSNYA MENGAMBIL RATA-RATA RAPORT SEMESTER 9,10,11,12
APLIKASI MASIH DALAM PERBAIKAN

update 13 Juni 2017

aplikasi excel nilai ijazah kurikulum 2013 sd
UNDUH SKHU_IJAZAH_SD_2017_6_13 ok

Update 22 Juni 2017
Terima kasih atas bantuan, dukungan, dan laporan-laporan  dari pengguna sehingga aplikasi ini dapat diperbaharui dan perbaiki agar menjadi lebih baik lagi,
Ada kekeliruan yang cukup mendasar yaitu tidak munculmya nilai rata-rata Ujian (tertulis dan praktik). Ini dikarenakan tidak pasnya rumus tombol hapus macro.
Namun jika Anda tidak menggunakan tombol ini maka nilai rata-rata akan tetap muncul. Jika Anda sudah familiar dengan excel saya yakin Anda sudah bisa membuat rumus rata-ratanya sendiri ataupun mencopy rumus dari file contoh. =IFERROR(ROUND(AVERAGE(E6:F6);digit);0)    
Yang menggunakan rumus AVERAGE dan pembulatan ROUND 
Dan berikut ini adala link download Aplikasi yang sudah diperbaharui.
Download Aplikasi SKHU_SD_2017_06_22(nilai skhu 3 mapel tidak muncul)

Download Aplikasi SKHU_SD_2017_07 _01 (update 01/07/2017)

PENTING! Kerugian akibat aplikasi ini ditanggung oleh pemakainya. Harap lebih teliti!

Buat rekan-rekan bloger yang ingin memposting ulang aplikasi ini harap mengarahkan link download ke alamat ini, ini bertujuan agar pengguna mendapatkan aplikasi yang terupdate jikalau ada perbaikan dan mendapatkan informasi terkait aplikasi ini.

Kritik, saran atau pertanyaan terkait aplikasi dapat disampaikan melaui kotak komentar yang tersedia.

Itulah yang dapat kami sampaikan pada postingan ini, ada kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

1 comments:

  1. Pragmatic Play unveils 'biggest new slot machine' in - KTNH
    Pragmatic Play 동해 출장샵 has 광명 출장마사지 released 토토 사이트 코드 a new slot machine, “The Biggest 이천 출장샵 New Slot Machine” 강원도 출장안마 by the studio Pragmatic Play called The Biggest

    ReplyDelete